MENIGKATKAN KINERJA TERMINAL PENUMPANG MELALUI PENINGKATAN PELAYANAN (STUDI PADA PT (Persero) PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v0i0.1Abstract
Pada penelitian ini akan diamati pola perilaku penumpang yang menggunakan jasa terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t ). Hasil perhitungan statistik menunjukkan model persamaan regressi :
Y = -0,597 + 0,149 X1 + 0,215 X2 + 0,254 X3 + 0,127 X4 + 0,312 X5 + µ
Pengujian penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,029 > 2,021.Daya Tanggap (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,727 > 2,021.Jaminan (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,529 > 2,021. Empati (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,231 > 2,021. Bukti Fisik (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai t hitung >tabel yaitu 3,697 > 2,021. Koefisien Determinasi diperoleh nilai R2 = 0,964 yang berarti bahwa 96,4 persen variasi yang terjadi pada variabel kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh kelima variabel bebas dalam model penelitian ini, sedangkan sisanya 3,6 persen yang merupakan pengaruh variabel bebas lain di luar model penelitian ini yang ikut mempengaruhi kepuasan penumpang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penumpang
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).