ANALISIS LOYALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v2i2.167Abstract
Penelitian ini mengidentifikasikan kualitas layanan yang terdiri dari kehadalan (Reliability), anggap (Responsiveness) dan kepastian (Assurance) yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan TPKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kualitas layanan yang dilakukan para petugas TPKS yang terlibat secara langsung dalam memberikan layanan yang membentuk rasa puas para pelanggan TPKS. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah keseluruhan pengguna jasa TPKS yang ada di kota semarang yaitu para petugas EMKL dan Freight Forwarding yang terdata dalam GAFEKSI yang merupakan sample frame penelitian ini, besarnya sampel dalam penelitian ini sebesar 100 petugas EMKL/Freight Forwarding dengan menggunakan metode Purposive sampling yang diambil secara sengaja, karena petugas EMKL sebagai obyek penelitian sudah dapat mewakili populasi.
Kualitas layanan yang terdiri Kehandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness) dan Kepastian (Asuurance) menunjukan pengaruh yang positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan TPKS
Kata Kunci : Kehandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness) dan Kepastian (Asuurance), Kepuasan serta Loyalitas.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).