ANALISA PERHITUNGAN DAYA MESIN KAPAL MENGGUNAKAN METODE GULDHAMER-HARVALD

Authors

  • sri pramono Universitas IVET Semarang
  • Ahmad Torkis Pangidoanta Universitas IVET Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v21i2.273

Abstract

Dalam sistem penggerak kapal dengan Metode Guldhammer – Harvald adalah suatu metode untuk menentukan besarnya daya mesin yang sesuai dengan propeller pada kapal. Tahapan metode Harvald dimulai dari menentukan : Effective Horse Power (EHP), Delivered Horse Power (DHP), Shaft Horse Power (SHP), Brake Horse Power (BHP). Dari hasil pencarian tersebut didapat daya  sebesar 5.820,071 HP, sehingga daya mesin tersebut sesuai yang beredar di parasan merk CAT 280-16. Dengan menentukan daya yang sesuai kebutuhan kapal, maka kapal dapat bergerak dengan kecepatan yang  di inginkan.

                                                                  

Kata kunci : Daya Mesin, Metode Guldhammer – Harvald

References

Adhan Fathoni, (Sept 2012) DKK, Studi Eksperimental Tahanan Dan Momen Melintang Kapal Trimaran Terhadap Variasi Posisi Dan Lebar Sidehull, JURNAL TEKNIK ITS Vol.1, No. 1. Surabaya.

Muslihati, (2012). Analisis Biaya Operasi Kapal pada Berbagai Load Faktor Angkutan Perintis, Jurnal ILTEK, Volume 7, Nomer 14, Oktober. Makassar.

Rosmani, A., & Algan, M. (2011). Prediksi Tahanan Kapal Cepat Dolpin Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Teknik Universitas Hasanuddin: Makassar.

Sugianto E, Puji H. (2017), Metode Komputerisasi dalam Penentuan Tahanan Kapal Tanker, Seminar Nasional Teknik Mesin 2017, Universitas Jember.

Sugianto E, DKK. (2017). Computational Model Tahanan Kapal Untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664DWT. Jurnal Kelautan Volume 10, No, 2. Madura

Susilo, J. S. J. S. J., & Santoso, A. S. A. S. A. (2014). Simulasi Penggunaan Fin Undership Terhadap Tahanan dan Gaya Dorong Kapal dengan Metode Analisa CFD. Jurnal Teknik ITS, 3(2), G174-G179. ISSN: 2337-3539 (2301-9271). 2013. ITS Surabaya.

Published

2021-03-15

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM