IDENTIFIKASI RESIKO KEGIATAN DI ATAS KAPAL DENGAN METODE HAZOP ANALYSIS DI KMP. ATHAYA
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v22i1.280Abstract
Keselamatan kerja merupakan salah satu faktor mutlak yang harus dipenuhi agar awak kapal dapat bekerja dengan aman dan maksimal. Hal ini sangat menentukan keberhasilan angkutan laut, menyangkut keselamatan jiwa manusia, keselamatan kapal, meliputi peralatan dan perlengkapan pendukungnya.
Untuk mengurangi atau menghilangkan bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan di tempat kerja, maka diperlukan suatu manajemen resiko kegiatannya meliputi identifikasi bahaya, analisis potensi bahaya, penilaian resiko, pengendalian resiko, serta pemantauan dan evaluasi. Proses identifikasi dan analisis potensi bahaya dilakukan dengan menggunakan metode Hazop Analysis.
Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data primer berupa hasil wawancara dari responden yaitu Chief Officer di KMP. Athaya dan data sekunder berupa dokumentasi dan referensi-referensi dari sumber internet.
Berdasarkan hasil penelitian selama penulis melaksanakan praktek layar di atas kapal, dapat disimpulkan bahwa penerapan safety equipment di KMP. Athaya oleh anak buah kapal tidak sesuai dengan SOP yang ada. Kecelakaan kerja pun masih ditemukan di lapangan, hal itu terjadi di karenakan ketidaktahuan tentang medan kapal, ketidaktahuan cara mencegah kecelakaan kerja, dan kurangnya kesadaran pemakaian safety equipment.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan penulis, penerapan safety equipment berpengaruh besar dalam kegiatan yang ada dikapal. Untuk itu, demi meningkatkan kualitas dan kelancaran saat bekerja awak kapal dituntut untuk mematuhi segala peraturan yang ditetapkan di kapal dan menerapkan pemakaian safety equipment dengan baik, agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dan memaksimalkan kinerja di atas kapal
Kata kunci : Identifikasi resiko, Metode hazop analysis, Kegiatan di atas kapal, Penerapan safety equipment.
References
Djatmiko,Riswan Dwi. (2016). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta. Depublish 05 mei 2019.
Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (2009). Kajian Analisis Trend Kecelakaan Transportasi Laut Tahun 2003 – 2008. Nomor 002/STD/KNTR/KNKT/IV/09. (13 mei 2019).
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2019). KBBI (online), https://kbbi.web.id/ (15 mei 2019).
Restu Putri, D. P., Sari,Resti Prima Dyan. (2015, juni 01). Analisis Kecelakan Kerja Dengan Menggunakan Metode Hazard and Operability Study. http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/download/621/361, (05 mei 2019).
Tjahjanto, R., Aziz I. (2016, FEBRUARI 01). Analisis Penyebab Terjadinya Kecelakaan kerja di Atas Kapal MV.CS BRAVE. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/10106/8029, (05 mei 2019).
Politeknik Pelayaran Surabaya 2019, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Terapan. Surabaya: Politeknik Pelayaran Surabaya. (05 mei 2019).
Prosedur Keselamatan & Kesehatan Kerja Tahun 2010. Nomor JL-100-10, (18 september 2020).
Pujiono,Ishardita. Analisis Potensi Bahaya Serta Rekomendasi Perbaikan Dengan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP) Melalui Perangkingan OHS Risk Assessmented Control. http://jrmsi.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jrmsi/article/view/32, (18 september 2020).
OktavianiIrma. Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Bongkar Muat Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard and Operability Study (HAZOPS) di PT. PELINDO IV (PERSERO) Terminal Petikemas Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/16370/, (19 september 2020).
EmaningGalih. Analisis Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Anak Buah Kapal Dek terhadap Penggunaan Personal Protective Equipment di Kapal MV. Sedang Mas. Karya Ilmiah Terapan 2020, ( 22 september 2020).
Code of Safe Working Practices for Merchant Seafarers 2015 edition – Amandement 3, Oktober 2018. London: TSO.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).