PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSES PEMBELAJARAN DIKLAT KETERAMPILAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PELATIHAN PADA DIKLAT KETERAMPILAN KHUSUS POLITEKNIK BUMI AKPELNI ( STUDI KASUS PADA PRODI NAUTIKA POLITEKNIK BUMI AKPELNI SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v22i1.291Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan peserta diklat keterampilan khusus yang dilaksanakan di politeknik Bumi Akpelni . Ada banyak factor yang berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan peserta diklat keterampilan yang di selenggarakan di Politeknik Bumi Akpelni. Selain itu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dan proses pembelajaran berpengaruh terhadap kepuasan peserta diklat keterampilan khusus di Politeknik Bumu Akpelni. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Sampel sebanyak 94 peserta diklat di politeknik Bumi Akpelni yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan data diuji serta dianalisis menggunakan path analisis ( regresi berganda) dengan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil penelitian menujukkan bahwa (a) kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pesrta diklat, (b) proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat.
Kata Kunci : kualitas pelayanan,proses pembelajaran, kepuasan peserta
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta.Rineka Cipta. Jakarta.
Dalyono.2001. Pisikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ferdinand. Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Jamal Ma’mur Asmani 2011. Panduan Internalisasi pendidikan karakter di sekolah, Badab Penerbit Diva Press, Yogyakarta.
Januar Efendi Panjaitan, Ai Lili Yuliati Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa
Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Widyantoro Agus (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, Volume: VI No. 1 Januari – Juni 2018
Zeithaml, VA AND Bitner 2000, Service Marketing Edition I. McGrow Hill Inc, Int’I Edition
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20 tentang pembelajaran
Hartanto Budi, PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016 Kajian Multi Disiplin Ilmu dalam Pengembangan IPTEKS untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional Semesta Berencan (PNSB) sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Global
Henryanto STIE “KBP” Padang, Jurnal KBP, Volume 2 - No. 1, Maret 2014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).