PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSES PEMBELAJARAN DIKLAT KETERAMPILAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PELATIHAN PADA DIKLAT KETERAMPILAN KHUSUS POLITEKNIK BUMI AKPELNI ( STUDI KASUS PADA PRODI NAUTIKA POLITEKNIK BUMI AKPELNI SEMARANG)

Authors

  • Eni Tri Wahyuni Politeknik Bumi Akpelni
  • Retno Indriyati Politeknik BUMI AKPELNI
  • B L Henti Widodo Politeknik BUMI AKPELNI

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v22i1.291

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan peserta diklat keterampilan khusus yang dilaksanakan di politeknik Bumi Akpelni . Ada banyak factor yang berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan peserta diklat keterampilan yang di selenggarakan di Politeknik Bumi Akpelni. Selain itu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dan proses pembelajaran berpengaruh terhadap kepuasan peserta diklat keterampilan khusus di Politeknik Bumu Akpelni. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Sampel sebanyak 94 peserta diklat di politeknik Bumi Akpelni yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan data diuji serta dianalisis menggunakan path analisis ( regresi berganda) dengan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil penelitian menujukkan bahwa (a) kualitas pelayanan  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pesrta diklat, (b) proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat.

Kata Kunci : kualitas pelayanan,proses pembelajaran, kepuasan peserta

 

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta.Rineka Cipta. Jakarta.

Dalyono.2001. Pisikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdinand. Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jamal Ma’mur Asmani 2011. Panduan Internalisasi pendidikan karakter di sekolah, Badab Penerbit Diva Press, Yogyakarta.

Januar Efendi Panjaitan, Ai Lili Yuliati Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa

Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Widyantoro Agus (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, Volume: VI No. 1 Januari – Juni 2018

Zeithaml, VA AND Bitner 2000, Service Marketing Edition I. McGrow Hill Inc, Int’I Edition

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20 tentang pembelajaran

Hartanto Budi, PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016 Kajian Multi Disiplin Ilmu dalam Pengembangan IPTEKS untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional Semesta Berencan (PNSB) sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Global

Henryanto STIE “KBP” Padang, Jurnal KBP, Volume 2 - No. 1, Maret 2014

https://seputarilmu.com/2019/11/pelayanan.html

Published

2021-09-28

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM