PENGARUH MOTIVASI INSTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMATIKA TARUNA/I ANGKATAN V POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v22i2.309Abstract
Penelitian ini berawal dari masih banyaknya taruna/i yang mengalami kesulitan belajar, dibuktikan dengan prestasi belajar yang masih rendah. Hal ini terlihat dari adanya adanya peserta didik yang enggan belajar dan tidak bersemangat dalam menerima pelajaran dikelas, khususnya pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Informatika. Taruna/i sebagai peserta didik terlihat belum aktif dalam mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan, sehingga hasil belajarnya menjadi kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah terdapat “Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/i Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat”.References
Bahri Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta : PT.Rineka Cipta Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
M. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press Santrock, J.W. 2010. Remaja (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga
Uno, H. 2013. Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di BidangPendidikan.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Uno, Hamzah B.2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
2022-03-15
Issue
Section
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).