PENGARUH MOTIVASI INSTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMATIKA TARUNA/I ANGKATAN V POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT

Authors

  • Achmad Ali Mashartanto Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Chanra Purnama Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Fitri Mulyana Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v22i2.309

Abstract

Penelitian ini berawal dari masih banyaknya taruna/i yang mengalami kesulitan belajar, dibuktikan dengan prestasi belajar yang masih rendah. Hal ini terlihat dari adanya adanya peserta didik yang enggan belajar dan tidak bersemangat dalam menerima pelajaran dikelas, khususnya pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Informatika. Taruna/i sebagai peserta didik terlihat belum aktif dalam mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan, sehingga hasil belajarnya menjadi kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah terdapat “Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/i Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat”.

References

Bahri Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta : PT.Rineka Cipta Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

M. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press Santrock, J.W. 2010. Remaja (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga

Uno, H. 2013. Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di BidangPendidikan.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Uno, Hamzah B.2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2022-03-15

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM