TATA KELOLA PENGASUHAN TARUNA DALAM MASA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v22i2.317Abstract
Pendidikan vokasi pelayaran adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu dibidang pelayaran. Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, banyak sekali pengaruh-pengaruh baik maupun buruk yang berpotensi ditiru atau diikuti oleh para peserta didik. Pola pengasuhan yang tepat juga menjadi kunci penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tata kelola pendidikan dan pengasuhan taruna dari semester I sampai dengan semester VIII di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data penelitian melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan pola interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap perencanaan tata kelola pengasuhan taruna PIP Semarang telah menerapkan pembinaan karakter dan kesamaptaan fisik taruna dan siswa yang berorientasi pada terwujudnya lulusan yang Prima, Profesional dan Beretika (GUNAWISISTA, NIMPUNA, SISTACARA). Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan taruna di PIP Semarang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan untuk mengawasi atau memonitor apakah pelaksanaan tata kelola pengasuhan taruna telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Kata kunci :Tata Kelola,Pengasuhan, Taruna
References
Al Murshidi, G. (2014). The Impact of Student-Centered Learning Approach Through Workshops Conduction on The Uae University Female Students’ Confidence. European Journal of Business and Management Review, 2(5), 31-43.
Antelm-Lanzat, A. M., Gil, A. J., Cacheiro-González, M. L., Pérez-Navío, E., & Fonseca-Pedrero, E. (2020, July). Learning Styles and Vocational Guidance in Secondary Education. EDUCATIONAL SCIENCES: THEORY & PRACTICE, 20(3), 1-15.
Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi aksara: Jakarta
Avis, J., Orr, K., & Warmington, P. (2017). Race and Vocational Education and Training in England. Journal of Vocational Education and Training, 69(3), 292-310.
Ayub, H. (2017). Parental Influence and Attitude of Students towards Technical Education and Vocational Training. International Journal of Information and Education Technology, 7(7), 534-538.
Heryanto, C. D. (2013). Pendidikan Karakter Sebagai Modal Dasar Pembentukan Perwira Sarjana Terapan Kepolisian Di Akpol. Tanggon Kosala, 2(1), 35-54.
Kunanbayeva, S. S. (2016). Educational Paradigm: Implementation of the Competence-Based Approach to the Higher School System. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION, 11(18), 12699-12710.
Lin, L. (2017). Research on Experiential Teaching Model of English Major in Higher Vocational Education Based on “Four in One” Experience Platform. 2017 International Conference on Financial Management, Education and Social Science (FMESS 2017) (pp. 221-224). UK: Francis Academic Press.
Muhayyang, M. (2020). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kedisiplinan Taruna Ditinjau Dari Aspek Kebudayaan Indonesia. VENUS, 8(1), 78-89.
Mulyono. 2017. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK.02/BPS DMP-2018 Tentang Pedoman Pengasuhan Taruna Pada Lembaga Diklat Transportasi di Lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan
Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK 01/BPSDMP-2020 TentangPerubahan Atas Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor Pk.2/ Bpsdmp 2018 tentang Pedoman Pengasuhan Taruna Pada Lembaga Diklat Transportasi Di Lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan
Pristiwanto, B. (2013). Menjadikan Keteladanan Sebagai Roh Pendidikan Karakter Di Akpol. Tanggon Kosala, 2(1), 1-14
Rani, B. S. (2014, June). Impact of Parenting Styles on Career Choices of Adolescents. Journal of Education & Social Policy Vol., 1(1), 19-22.
Sidik, F. (2016). Pendidikan Humanis dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 88-95
Singh, B., & Mishra, P. (2017). Process of Teaching and Learning: A Paradigm Shift. International Journal of Education, 7(June), 2347-4343
Situmorang, V. A. (2019). Evaluasi Kinerja Pengasuh Dalam Pembentukan Kepribadian Praja Di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Jatinangor: Studi Kasus Pengasuh Wisma Satuan Muda Wanita Praja. MSDA, 2(1), 29-40
Tentama, F., & Nur, M. Z. (2021, March). The correlation between self-efficacy and peer interaction towards students’ employability in vocational high school. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 8-15.
Tim Penyusun Pusbangkatarsis. (2016). Buku Pedoman Tata Kehidupan Taruna Di Asrama Dalam Masa Pandemi, PIP semarang
Umeh, A. E., & Nsofor, C. (2014). Modern Trends in The Use of Educational Technology in The Classroom. International Journal of Education Learning and Development , 2(5), 73-77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).