PENGARUH PELATIHAN ISM CODE DAN MOTIVASI BELAJAR TARUNA TERHADAP KOMPETENSI TARUNA STIMARYO
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v23i1.322Abstract
Pelatihan berarti suatu perubahan yang sistematis dari knowledge, skill, attitude dan behaviour yang terus mengalami peningkatan yang dimiliki oleh setiap taruna, sedangkan motivasi belajar adalah dorongan yang timbul baik dari dalam maupun dari luar diri taruna yang mampu menimbulkan semangat dan kegairahan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan International Safety Management (ISM) Code dan motivasi belajar taruna terhadap kompetensi taruna Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ada Taruna 4 Prodi di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta yang mengambil pelatihan International Safety Management Code. Dengan jumlah sampel 140 orang taruna. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji regresi serempak (F-test) dan uji regresi parsial (t-test). Proses perhitungan dibantu program aplikasi software IBM SPSS statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ISM Code dan motivasi belajar taruna berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi taruna. Pelatihan ISM Code dan motivasi belajar taruna mampu menjelaskan kompetensi taruna sebesar 74,1%. Sementara untuk 25.9% kompetensi taruna dipengaruhi oleh variabel selain pelatihan dan motivasi.
References
Alsa, A. (2001). Kontroversi uji asumsi dalam statistik parametrik. Buletin Psikologi, 9(1).
Andriani, S. (2017). Uji Park Dan Uji Breusch Pagan Godfrey Dalam Pendeteksian Heteroskedastisitas Pada Analisis Regresi. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 63–72.
Arifiyani, H. A., & Sukirno, S. (2012). Pengaruh Pengendalian Intern, Kepatuhan dan Kompensasi Manajemen terhadap Perilaku Etis Karyawan (Studi Kasus PT Adi Satria Abadi Yogyakarta). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 1–21.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, XIV(regresi liner), 22–37. http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/90/89
Fitrianto, Y. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online via Zoom Terhadap Motivasi Belajar Taruna Poltekip (Studi Kasus Taruna Poltekip Prodi Manajemen Pemasyarakatan Tingkat 3). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 1–10.
Harry Mardi, A. P. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pelatihan Bridge Simulator Terhadap Peningkatan Kompetensi Taruna Nautika. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.
Lasse, D., & FATIMAH, F. (2016). Pelatihan keselamatan bagi anak buah kapal. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 2(2), 257–266.
Lutfi, A., & Winata, A. Y. S. (2020). Motivasi Intrinsik, Kinerja dan Aktualisasi Diri: Kajian Konseptual Perkembangan Teori. Pamator Journal, 13(2), 194–198.
Novisagita, E. R. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Pelatihan dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan di PT PCI Elektronik Internasional. Prodi Manajemen.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.
Puput, D. A. Y. U. P. (2019). Pentingnya Penerapan Safety Management System (Sms) Dalam Upaya Mengantisipasi Kecelakaan Kerja Di Km. Labobar Pada Pt. Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia). Karya Tulis.
Putra, A. K., & Frianto, A. (2013). Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 59–66.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.
Santoso, S. (2010). Statistik parametrik. Elex Media Komputindo.
Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan multikolinearitas dengan menggunakan analisis regresi komponen utama pada kasus impor beras di Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1), 18–24.
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).
Wiweko, A., Thamrin, M., & Edi, D. W. (2015). The Effect of Vessel Seaworthiness and Crew’s Competence on Marine Safety. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 2(3), 287–296.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).