MODEL HUBUNGAN TECHNOSTRESS TERHADAP EMOTIONAL EXHAUSTION PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI MARITIM SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Ario Hendartono Politenik Maritim Negeri
  • Christine Widilestari Politeknik Maritim Negeri

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v23i1.325

Abstract

Pandemi Covid 19 yang ditetapkan WHO pada bulan Maret 2020 mengubah proses edukasi secara drastis. Dalam sekejap secara radikal proses edukasi offline berubah menjadi online learning. Saat pembelajaran online mahasiswa membutuhkan alat bantu pembelajaran, seperti smartphone, tablet, laptop untuk mengakses informasi dimana dan kapan saja. Akan tetapi kondisi ekonomi saat pandemi turut mempengaruhi daya beli masyarakat atas hardware yang diperlukan sehingga menimbulkan stres tersendiri. Selain itu kekurangsiapan penguasaan teknologi memicu munculnya technostress. Bukan hanya technostress, selama pembelajaran online mahasiswa juga mengalami emotional exhaustion yang ditunjukkan dengan kondisi atau perasaan yang terkuras oleh tugas serta kegiatan yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh technostress terhadap emotional exhaustion pada mahasiswa perguruan tinggi maritim di Jawa Tengah. Selain itu dilakukan pengujian tambahan atas data demografi responden yaitu pengaruh kelompok umur; pengaruh tingkat pendidikan dan pengaruh jenis kelamin terhadap emotional exhaustion. Jumlah sampel penelitian sebanyak 311 mahasiswa dari lima perguruan tinggi maritim di Jawa Tengah, dengan waktu pengambilan data dimulai awal Agustus 2021 sampai dengan akhir September 2021. Simpulan hasil penelitian: (1) Pengaruh technostress terhadap emotional exhaustion sebesar 0,86 yang ditunjukkan Adjusted R2 Square sebesar 86%; (2) Tingkat technostress berpengaruh signifikan terhadap emotional exhaustion; (3) Kelompok umur mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap emotional exhaustion; (4) Tingkat pendidikan mahasiswa berpengaruh positif terhadap emotional exhaustion; (5) Jenis kelamin mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap emotional exhaustion.

 

Kata kunci :  emotional exhaustion; pembelajaran online; pembelajaran saat pandemi covid 19; technostress.

References

Booker, Q. E., Rebman, C. M., & Kitchens, F. L. (2014). A Model for Testing Technostress in the Online Education Environment: an Exploratory Study. Issues In Information Systems, 15(Ii), 214–222. https://doi.org/10.48009/2_iis_2014_214-222 (2 Mei 2021)

Chen, K. Y., Chang, C. W., & Wang, C. H. (2019). Frontline employees’ passion and emotional exhaustion: The mediating role of emotional labor strategies. International Journal of Hospitality Management, 76(May), 163–172. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.05.006 (1 Mei 2021)

Devine, K., & Hunter, K. H. (2017). PhD student emotional exhaustion: The role of supportive supervision and self-presentation behaviours. Innovations in Education and Teaching International, 54(4).

Houkes, I., Janssen, P. P. M., de Jonge, J., & Bakker, A. B. (2003). Specific determinants of intrinsic work motivation, emotional exhaustion and turnover intention: A multisample longitudinal study. Journal Of Occupational and Organizational Psychology, 76(4), 427–450.

Hunter, K. H., & Devine, K. (2016). Doctoral students’ emotional exhaustion and intentions to leave academia. International Journal of Doctoral Studies, 11, 35–61.

Kartika, R. (2020). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Dan Teknologi, 1(2), 107–115. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Abdul_Latip/publication/341868608_peran_literasi_teknologi_informasi_dan_komunikasi_pada_pembelajaran_jarak_jauh_di_masa_pandemi_covid-19/links/5ed773c245851529452a71e9/peran-literasi-teknologi-informasi-dan-komunikasi (1 mei 2021)

Khoo, E. J., Aldubai, S., Ganasegeran, K., Lee, B. X. E., Zakari, N. A., & Tan, K. K. (2017). Emotional exhaustion is associated with work related stressors: A cross-sectional multicenter study in Malaysian public hospitals. Archivos Argentinos de Pediatria, 115(3), 212–219. https://doi.org/10.5546/aap.2017.eng.212 (2 Mei 2021)

Maslach, C., & Jackson, S. E. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal Of Occupational Behaviour.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual Review of Psychology, 52, 397–422. Retrieved from https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.397 (2 Mei 2021)

Michielsen, H. J., Willemsen, T. M., Croon, M. A., De Vries, J., & Van Heck, G. L. (2004). Determinants of general fatigue and emotional exhaustion: A prospective study. Psychology & Health, 19(2).

Ozili, P. K., & Arun, T. (2020). Spillover of COVID-19: impact on the Global Economy. Social Science Research Network (SSRN), 3562570.

Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481 (1 Mei 2021)

Proost, K., Van Ruysseveldt, J., & van Dijke, M. (2012). Coping with unmet expectations: Learning opportunities as a buffer against emotional exhaustion and turnover intentions. European Journal of Work and Organizational Psychology, 21(1).

Raman, P., Sambasivan, M., & Kumar, N. (2016). Counterproductive work behavior among frontline government employees: Role of personality, emotional intelligence, affectivity, emotional labor, and emotional exhaustion. Revista de Psicologia Del Trabajo y de Las Organizaciones, 32(1), 25–37. https://doi.org/10.1016/j.rpto.2015.11.002 (1 Mei 2021)

Sari, N. L. P. D. Y. (2015). Hubungan beban kerja, faktor demografi, locus of control dan harga diri terhadap burnout syndrome pada perawat pelaksana IRD RSUP Sanglah. Ners Journal, 3(2).

Sari, N. P., Setiawan, M. A., Rajiani, I., & Muin, F. (2020). Analisis Hubungan Stres Akademik Mahasiswa Terhadap Akses Internet Terbatas Saat Belajar Selama Pandemi Covid 19. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/18753, (November). Retrieved from https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/18753 (1 Mei 2021)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanto, S., & Sasi, T. R. (2018). Technostress: Pengertian, Penyebab dan Koping Pustakawan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 1(2), 209. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v1i2.209-222 (2 Mei 2021)

Wibowo, S., Christian, M., & Purwanto, E. (2020). Technostress Creators on Teaching Performance of Private Universities in Jakarta During Covid-19 Pandemic Article in Technology Reports of Kansai University • July 2020 CITATIONS 19 READS 1. Technology Reports of Kansai University, 586(06). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/343230929 (1 Mei 2021)

Published

2022-09-27

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM