EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS TRANSPORTASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITE DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v23i1.332Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran online Bahasa Inggris Transportasi melalui media Google site yang diterapkan pada Mahasiswa S1 Jurusan Transportasi Universitas Maritim AMNI Semarang. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Proses Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenace Stake dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran daring bahasa Inggris menggunakan Google site termasuk kategori baik (80%), ditemukan belum adanya kesesuaian antara RPS dengan standar proses pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajarannya termasuk kategori baik (80%), meskipun belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran; dan (3) hasil belajar mahasiswa belum memenuhi standar kompentensi dengan aktualitas ketercapaian 85% kategori sangat baik. 4) terdapat contingency antara pelaksanaan dengan hasil belajar mahasiswa, dalam hal pelaksanaan pembelajaran dimana kegiatan copy-paste pada pembelajaran writing dan reading masih terjadi sehingga menyebabkan kemungkinan hasil assessment tidak begitu valid apabila diadakan assessment yang lebih komprehensif terhadap kompetensi yang sedang dipelajari. Selain itu mahasiswa beranggapan bahwa penggunaan Google site dalam pembelajaran Bahasa Inggris Transportasi menjadi pilihan pertama mereka dalam melaksanakan pembelajaran daring.References
Abimanto, D. (2020). Reading Aloud Periodically Towards Pronunciation Of Non-english Major Students. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 173-181.
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Baenanda, L. (2019). Mengenal lebih jauh Revolusi Industri 4.0. BINUS UNIVERSITY. https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/
Bullen, Mark & Janes, D. P. (2007). Making the Transition to E-learning: Strategies and Issues. Information Science Pub. https://books.google.co.id/books?id=1yVWPgAACAAJ
Hutchinson, Tom; Waters, A. (1987). English for Specific Purposes: A Learning-Centered Approach. Cambridge University Press.
Nations, D. (2021). What Is Google Sites and Why Use It? https://www.lifewire.com/what-is-google-sites-and-why-use-it-3486337
Nurhakim, B. (2012). Nilai Akhir. https://www.scribd.com/doc/77748410/NILAI-AKHIR
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).