EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS TRANSPORTASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITE DI MASA PANDEMI

Authors

  • Dhanan Abimanto Universitas Maritim AMNI
  • Wasi Sumarsono Universitas Maritim AMNI

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v23i1.332

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran online Bahasa Inggris Transportasi melalui media Google site yang diterapkan pada Mahasiswa S1 Jurusan Transportasi Universitas Maritim AMNI Semarang. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Proses Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi  dengan model Countenace Stake dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran daring bahasa Inggris menggunakan Google site termasuk kategori baik (80%), ditemukan belum adanya kesesuaian antara RPS dengan standar proses pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajarannya termasuk kategori baik (80%), meskipun belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran; dan (3) hasil belajar mahasiswa belum memenuhi standar kompentensi dengan aktualitas ketercapaian 85% kategori sangat baik. 4) terdapat contingency antara pelaksanaan dengan hasil  belajar  mahasiswa, dalam hal pelaksanaan pembelajaran dimana kegiatan copy-paste pada pembelajaran writing dan reading masih terjadi sehingga menyebabkan kemungkinan hasil assessment  tidak begitu valid apabila diadakan assessment yang lebih komprehensif terhadap kompetensi yang sedang dipelajari. Selain itu mahasiswa beranggapan bahwa penggunaan Google site dalam pembelajaran Bahasa Inggris Transportasi menjadi pilihan pertama mereka dalam melaksanakan pembelajaran daring.

References

Abimanto, D. (2020). Reading Aloud Periodically Towards Pronunciation Of Non-english Major Students. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 173-181.

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Baenanda, L. (2019). Mengenal lebih jauh Revolusi Industri 4.0. BINUS UNIVERSITY. https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/

Bullen, Mark & Janes, D. P. (2007). Making the Transition to E-learning: Strategies and Issues. Information Science Pub. https://books.google.co.id/books?id=1yVWPgAACAAJ

Hutchinson, Tom; Waters, A. (1987). English for Specific Purposes: A Learning-Centered Approach. Cambridge University Press.

Nations, D. (2021). What Is Google Sites and Why Use It? https://www.lifewire.com/what-is-google-sites-and-why-use-it-3486337

Nurhakim, B. (2012). Nilai Akhir. https://www.scribd.com/doc/77748410/NILAI-AKHIR

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Published

2022-09-27

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM