PENGGUNAAN BRIDGE SIMULATOR DAN KOMUNIKASI UNTUK KESELAMATAN PELAYARAN DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Kuncowati Kuncowati Universitas Hang Tuah
  • Nyoman Ardiana Listriyawati Universitas Hang Tuah
  • Elva Febriana Universitas Hang Tuah
  • Alzhar Maulino Universitas Hang Tuah

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.343

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada semua bidang, termasuk di bidang pendidikan. Hal ini juga dialami oleh taruna pelayaran di Fakultas Vokasi Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya terkhusus bagi taruna prodi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal. Para taruna yang sebelum pandemi dapat melakukan praktek pada ruang bridge simulator dimana mereka dapat berpraktik untuk prosedur menjalankan kapal dan melakukan komunikasi yang efisien ketika berlayar mengalami keterbatasan karena pada saat pandemi adanya larangan untuk berkumpul demi alasan kesehatan. Dari fenomena ini yang menjadi dasar untuk melalukan penelitian terkait kebutuhan menggunakan bridge simulator untuk menyiapkan taruna yang memiliki kompetensi untuk menjamin keselamatan pelayaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisa yang menggambarkan hubungan antara variabel dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan bridge simulator dan komunikasi terhadap keselamatan pelayaran pada era new normal.

References

Andi Hendrawan. 2019. Analisa Indikator Keselamatan Pelayaran Pada Kapal Niaga. Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Jurnal Saintara Vol.3 No.2

Arfan, D. 2018. Peningkatan Kemampuan Perwira Jaga Fresh Graduate dalam Menggunakan Alat-Alat Navigasi untuk Mencegah Bahaya Tubrukan di MV. Energy Midad (Doctoral dissertation, Piliteknik Ilmu Pelayaran Semarang) http://repository.pipsemarang.ac.id/587/6/13%20-%20BAB%202%20%2810-30%29.pdf

International Maritime Organization. 2017. Standard Traning and Watchkeeping (STCW) 1978 Amandemen 2010

International Maritime Organization. 2012. Model Course 6.10 Train the Simulator Trainer and Assessor 2012 edition. London: International Maritime Organization.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia. Laporan Investigasi Kecelakaan Pelayaran Tubrukan Antara Habco Pioneer Dengan Barokah Jaya Perairan Utara Indramayu, Jawa Barat Republik Indonesia 3 April 2021 http://knkt.dephub.go.id/knkt/ ntsc_maritime/maritime_investigation_repor t1.htm. Diakses pada 3 September 2022

Kuncowati dkk.2020. Implikasi Kemampuan Berkomunikasi Dan Penggunaan Kode Isyarat Internasional Terhadap Keselamatan Pelayaran Kapal Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Surabaya : Jurnal Saintek Maritime, Volume 20 Nomor 2, Maret 2020.

Marhaeni, A.A.I.N. 2006. Assesment Portofolio Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Moeshariyanto, G., dan Saputra, C. 2009. Navigasi Radar Navigasi Elektronik. Banyuwangi : Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Banyuwangi. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Supriyono, Hadi, Sulistyo, Achmad. (2017). Sistem Navigasi Elektronika: Untuk Mualim Pelayaran Niaga (Ahli Nautika) (Edisi 1 Cet. 4). Yogyakarta: Deepublish.

M. R. Saimima., dan R. F. Sianipar,. 2015. Ilmu Pelayaran Astronomi. Jakarta : EGC.

Undang-Undang RI No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Sinar Grafika, Jakarta. https://pih.kemlu.go.id/files/uu_17_tahun_2008.pdf

Viky, Apriliany. 2017. Peranan Komunikasi Dalam Melaksanakan P2TL Dikapal MV.Kudus. http://repository.pip-semarang.ac.id/288/ diakses pada 12 september 2022

Published

2023-03-16

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM