ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DIKLAT KEPABEANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PELATIHAN

Authors

  • Vivid Dekanawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Yudhi Setiyantara Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Joko Subekti Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Arneta Fitri Kirana Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan melalui variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di Prodi D3 Manajemen Transportasi Laut dan Prodi S1 Transportasi, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Subjek penelitian adalah taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan data diuji serta dianalisis menggunakan path analisis (regresi berganda) dengan IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan melalui variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy mampu menjelaskan  kepuasan taruna yang mengikuti Diklat Kepabeanan Tahun 2021 sebesar 64%, sementara untuk 36% kepuasan peserta pelatihan dipengaruhi  oleh  variabel  selain variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy

References

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10).

Akinwande, M. O., Dikko, H. G., & Samson, A. (2015). Variance inflation factor: as a condition for the inclusion of suppressor variable (s) in regression analysis. Open Journal of Statistics, 5(07), 754.

Amalia, N. M., Sucihatiningsih, D. W. P., & Santoso, J. T. B. (2020). Pengaruh Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati Terhadap Kepuasan BUMDES. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 170–180.

Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 14(23), 22–37.

Astriawati, N. (2021). Cadets’ Effectivity and Perception on Moodle Online Learning in Economy Mathematics Course | Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icmmed-20/125956451

Astriawati, N. (2022). IDENTIFIKASI PENYEBAB DEADFREIGHT MUATAN BATUBARA DI MV. RB MYA. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 24(2), 133–142

.

Audi, A., Setiyantara, Y., Astriawati, N., & Suganjar, S. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN INERT GAS SYSTEM (IGS) PADA KAPAL TANKER (Studi Kasus Di Kapal MT. Winson No. 5 Milik Perusahaan Winson Oil Singapore). JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, 21(2), 126–140.

Aufa, Z. D., & Kamal, M. (2015). Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Soto Sedeep Banyumanik Cabang Ambarawa. Diponegoro Journal of Management, 151–160.

Dekanawati, V., & Supartini, S. (2019). Pengaruh Kualitas Fungsional Dan Kualitas Teknikal Terhadap Kepuasaan Mahasiswa Peserta Pelatihan Kepabeanan Tahun 2018. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), 53–62.

Handojo, B., Astriawati, N., Wibowo, W., Sartini, S., & Ingesti, P. S. V. R. (2022). PENGARUH PELATIHAN ISM CODE DAN MOTIVASI BELAJAR TARUNA TERHADAP KOMPETENSI TARUNA STIMARYO. JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, 23(1), 65–78.

Iswari, F. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(1), 35–43.

Kaban, D. M. J. (2018). Kajian Hukum atas Operational Certification Procedures (OCP) Asean-China Free Trade Area (ACFTA) sebagai Prosedur Pemberian Tarif Preferensi dengan Studi Putusan Pengadilan Pajak Nomor Put-81304/PP/M. XVIIB/19/2017.

Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM.

Kurniawan, D. (2008). Uji T 2-sampel independen. Jurnal Statistik.

Kusuma, R. R., Yuwono, S., & Psi, S. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Smartphone Iphone Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mardiyah1, R. A., & Nurwati, R. N. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap peningkatan angka pengangguran di Indonesia.

Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Pertiwi, Y., Astriawati, N., Wibowo, W., & Kristianto, L. (2021). Moodle Virtual Class Effectivity toward Cadets’ Learning Motivation and Speaking Ability. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(2), 378–383.

Rashidi, N. F., Yusof, F., Ariffain, S. M. K., & Hamid, S. S. (2022). HUBUNGAN KESEDIAAN PEMBELAJARAN ATAS TALIAN DENGAN TEKANAN DALAM KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH KETIKA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Sains Sosial: Malaysian Journal of Social Sciences, 7(1), 40–52.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62–70.

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.

Stemvelt, R. C. (2004). Perception of Service Quality. Allyn and Bacon, Massachusetts.

Sugiyono, D. (1999). Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sukmana, A. (1996). Koefisien Determinasi R2 pada Model Regresi Linear.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Veza, O., & Hernuning, N. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Online Shop Gic. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 4(01), 37–44.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Published

2023-03-16

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM