OPTIMALISASI USAHA PELAYANAN JASA PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL SEBAGAI BENTUK PEMENUHAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENAIKKAN INCOME DI PT. MITRA PERSADA SEJATI (MPS SERVICE)
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.345Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengembangan yang dilakukan oleh PT.Mitra persada Sejati (MPS Service)yaitu dengan dibukanya cabang baru yang berkontribusi pada kepuasan pelanggan untuk menaikan income yang peroleh. Dengan latar belakang memaksimalkan pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa. Pokok masalah Pembukaan cabang dalam melayani pekerjaan perawatan dan perbaikan pada satu perusahaan pelayaran yang memiliki armada kapal yang besar terhadap income penyedia pelayanan jasa. Metode pada penelitian ini menggunakan sistem Survey dan observasi lapangan serta wawancara sebagai bagian untuk mengetahui keadaan secara langsung terhadap pembukaan cabang. Untuk menguatkan dari observasi yang dilakukan diperlukan studi kelayakan serta Penggunakan media SWOT Analysis. Kesimpulan yang didapat yaitu Pendirian cabang baru yang berorientasi awal hanya digunakan untuk melayani satu perusahaan yang memiliki jumlah armada kapal yang cukup banyak dengan asumsi awal akan mendatangkan income yang baik bagi perusahan pelayanan jasa ternyata tidak bisa menjamin income yang sesuai dengan alasan bahwa tidak semua kapal tersebut beroperasi permanen ataupun masuk ke daerah pada cabang tersebut yang berpengaruh pada kevakuman pekerjaan . perlunya diperhitungkan lokasi atau daerah yang akan digunakan untuk pendirian cabang baru termasuk konsep yang bisa mengakses ke daerah lain dengan jarak tempuh tidak terlalu lama dan terutama daerah tersebut digunakan untuk akses kapal dari perusahaaan pelayaran tersebut. Ketidak seimbangan akan selalu terjadi antara pelayanan tehadap kepuasan pelanggan dengan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan penyedia jasa,jika hal tersebut hanya diperuntukan untuk melayani satu pengguna jasa meskipun pengguna jasa tersebut mempunyai prospek kedepan yang cukup baik serta perlu adanya penyesuaian kinerja terhadap pembukaan cabang baru tersebut, dengan tujuan agar pelayanan jasa juga bisa dilakukan seperti melayani perusahaan lain dengan tetap berintegrasi terhadap permintaan dari kantor pusat.References
Barney, Jay B, William S, Hesterly, 2008. Strategic Managemen and Competitive Advantage, Second edition
Citra M dkk (2013).Analisis kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Blackberry Internet Service Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada 100 Pengguna Blackberry Internet Service Pada Provider Telkomsel di Kota Semarang) Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-7
David, Fred R, 2010. Strategi Manajemen, Manajemen Strategi Konsep Buku 1, Edisi 12 – Jakarta: Salemba Empat
Fajar Nur’aini.(2019). The Guide Book Of SWOT.Quadrant: Yogyakarta
Faruq AM, Usman Indrianawati(2014) Penyusunan Strategi Bisnis dan Strategi Operasi Usaha Kecil dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan No.3
Fernandus T, Reza TS (2021), Pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Top Jaya Motor Bekasi Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (484 – 495)
Johan Suwinto (2011), Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu
Maulana S A. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2
Mannia, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11 (2)
Rahmadani S, Makmur, (2019) analisis studi kelayakan bisnis pada pengembangan umkm Usaha Tahu dan Tempe Karya mandiri Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1, 76-83
Sarino Alit (2010), Upaya Menciptakan Kepuasan Pelanggan Dengan Pengelolaan Service Quality (SERVQUAL) Manajerial Vol 9, No 17 (19 -24 )
Suarmawan Agus Kadek (2015), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan), Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), Volume: 5 Nomor:1
Sugiyono, 2006, Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.
Typtono,Fandy,manajemen jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2000
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).