OPTIMALISASI USAHA PELAYANAN JASA PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL SEBAGAI BENTUK PEMENUHAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENAIKKAN INCOME DI PT. MITRA PERSADA SEJATI (MPS SERVICE)

Authors

  • Ali Khamdilah Politeknik Bumi Akpelni
  • Sulida Erliyana Politeknik Bumi Akpelni

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v23i2.345

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengembangan yang dilakukan oleh PT.Mitra persada Sejati (MPS Service)yaitu dengan dibukanya  cabang baru yang  berkontribusi pada kepuasan pelanggan untuk menaikan  income yang peroleh. Dengan latar belakang memaksimalkan pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa. Pokok masalah Pembukaan cabang dalam melayani pekerjaan perawatan dan perbaikan pada satu perusahaan pelayaran yang memiliki armada  kapal yang besar terhadap income penyedia pelayanan jasa. Metode pada penelitian ini menggunakan sistem Survey dan observasi lapangan serta wawancara sebagai bagian untuk mengetahui keadaan secara langsung terhadap pembukaan cabang. Untuk menguatkan dari observasi yang dilakukan diperlukan studi kelayakan serta Penggunakan media SWOT Analysis. Kesimpulan yang didapat yaitu Pendirian cabang baru yang berorientasi awal hanya digunakan untuk melayani satu perusahaan yang memiliki jumlah armada kapal yang cukup banyak dengan asumsi awal akan mendatangkan income yang baik bagi perusahan pelayanan jasa ternyata tidak bisa menjamin income yang sesuai dengan alasan bahwa tidak semua kapal tersebut beroperasi permanen ataupun masuk ke daerah pada cabang tersebut  yang berpengaruh  pada kevakuman pekerjaan . perlunya diperhitungkan lokasi atau daerah yang akan digunakan untuk pendirian cabang baru termasuk konsep yang bisa mengakses ke daerah lain dengan jarak tempuh tidak terlalu lama dan terutama daerah tersebut digunakan untuk akses kapal dari perusahaaan pelayaran tersebut. Ketidak seimbangan akan selalu terjadi antara pelayanan tehadap kepuasan pelanggan dengan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan penyedia jasa,jika hal tersebut hanya diperuntukan untuk melayani satu pengguna jasa meskipun pengguna jasa tersebut mempunyai prospek kedepan yang cukup baik serta perlu adanya penyesuaian kinerja terhadap pembukaan cabang baru tersebut, dengan tujuan agar pelayanan jasa juga bisa dilakukan seperti melayani perusahaan lain dengan tetap berintegrasi terhadap permintaan dari kantor pusat.

References

Barney, Jay B, William S, Hesterly, 2008. Strategic Managemen and Competitive Advantage, Second edition

Citra M dkk (2013).Analisis kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Blackberry Internet Service Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada 100 Pengguna Blackberry Internet Service Pada Provider Telkomsel di Kota Semarang) Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-7

David, Fred R, 2010. Strategi Manajemen, Manajemen Strategi Konsep Buku 1, Edisi 12 – Jakarta: Salemba Empat

Fajar Nur’aini.(2019). The Guide Book Of SWOT.Quadrant: Yogyakarta

Faruq AM, Usman Indrianawati(2014) Penyusunan Strategi Bisnis dan Strategi Operasi Usaha Kecil dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan No.3

Fernandus T, Reza TS (2021), Pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Top Jaya Motor Bekasi Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (484 – 495)

Johan Suwinto (2011), Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu

Maulana S A. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2

Mannia, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11 (2)

Rahmadani S, Makmur, (2019) analisis studi kelayakan bisnis pada pengembangan umkm Usaha Tahu dan Tempe Karya mandiri Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1, 76-83

Sarino Alit (2010), Upaya Menciptakan Kepuasan Pelanggan Dengan Pengelolaan Service Quality (SERVQUAL) Manajerial Vol 9, No 17 (19 -24 )

Suarmawan Agus Kadek (2015), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan), Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), Volume: 5 Nomor:1

Sugiyono, 2006, Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Typtono,Fandy,manajemen jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2000

Published

2023-03-16

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM