Pengaruh Pelayanan, Kenyamanan, dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Dalam Menggunakan Jasa KMC. Kartini I

Authors

  • Retno Mulatsih STIMART AMNI

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v2i2.348

Abstract


Kepuasan penumpang dalam menggunakan suatu produk/jasa harus dipenuhi oleh suatu perusahaan atau organisasi. Pada penelitian ini akan diamati pola perilaku penumpang, untuk memperoleh suatu perumusan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Kepuasan pelayanan bagi penumpang KMC. Kartini I jurusan Semarang-Karimun Jawa dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kepuasan penumpang dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu pelayanan, kenyamanan dan harga tiket. Berdasarkan faktor empirik dari model penelitian dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda dan dengan alat bantu statistic SPSS Ver 16,0, didapatkan persamaan hasil penelitian sebagai berikut: Y= 4,722+ 0,535X1+ 0,045 X2+0,054 X3+ p. Independen variabel dalam hal ini pelayanan, kenyamanan dan harga tiket secara individu maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dependen variabel yaitu kepuasan penumpang. Secara individu dapat diurutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang berdasarkan atas hasil uji t adalah faktor Pelayanan (t-hitung 5,279), faktor Kenyamanan (t-hitung 2,461) dan faktor Harga tiket (t-hitung 3.587). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang, (2) Kenyamanan berpengaruh positif tetapi tidak signikan terhadap kepuasan penumpang, (3) Harga tiket berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan penumpang. Secara simultan pelayanan, kenyamanan dan harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang.

Downloads

Additional Files

Published

2023-05-12

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM