ANALISIS LAJU KOROSI PADA MATERIAL LOGAM TERHADAP AIR LAUT DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v24i2.396Abstract
Pelabuhan merupakan salah satu bagian penting dalam unsur penunjang kegiatan transportasi laut seperti tempat kapal sandar,bongkar muat barang dan naik turunya penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi kapal. Dalam operasionalnya Pelabuhan memiliki infrastruktur penunjang kegiatan sehari hari Dimana kebanyakan dari infrastruktur tersebut terbuat dari logam seperti baja,tembaga dan alumunium.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju korosi pada berbagai logam (Baja,tembaga dan Alumunium) yang terkontaminasi dengan air laut di Pelabuhan semarang agar para pelaku usaha kemaritiman di Pelabuhan bisa merencanakan perawatan dan perbaikan alat alat yang menggunakan logam. Peneliti menggunakan metode perhitungan laju korosi instalasi kupon dengang standart ASTM D 2688-05. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada semua logam mengalami laju korosi dengan nilai diatas 5 MPY, sehingga agar tidak mengalami kerusakan yang cepat perlu dilakukan perlindungan korosi logam Pelabuhan yang mudah adalah pengecatan.References
Aisha H. Al-Moubarak (2018), The Red Sea as a Corrosive Environment: Corrosion Rates and Corrosion Mechanism of Aluminum Alloys 7075, 2024, and 6061, Internasional jurnal corrosion
ASTM D 2688-05,standart test metod for Corrosivity of water in the absence of heat transfer (weigh loss method)
Femina gabsari, Pengantar korosi, Malang, UB press, 2017
Fontana, Mars Guy, Corrosion Engineering, International edition, Mc. Graw Hill Inc, 1987
In-Tae Kim, Effect corrosion on the tension behavior of painted structural steel members, Jurnal: constructional steel, 2017
Mavindra Ramadhana (2011), Studi Eksperimen Laju Korosi Plat Body Automobiles Pada Larutan NaCl 5% (Air Laut) Dengan Cyclic Methode SAE J2334, Tugas Akhir Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Rian F dan Dwi H (2019), Analisa Laju Korosi Dengan Variasi Waktu, Kecepatan Dan Salinitas Air Laut Pada Lunas Bilga (Bilge Keel) Kapal, JPTM. Volume 09 Nomor 01 Tahun 2019.
Saedatul Fatimah, Identifikasi Kandungan Unsur Logam Menggunakan XRF dan OES Sebagai Penentu Tingkat Kekerasan Baja Paduan, Universitas Negeri Jogjakarta 2018.
Sasono, E. J., 2010, “Efektifitas penggunaan anoda korban paduan aluminium pada plat baja kapal AISI 2512 terhadap laju korosi di dalam media air laut”, tesis ilmiah Teknik Mesin Universitas Diponegoro
Seehafen verlag,Compendium Marine Engineering, Hamburg, 2009.
Taufan D dan Dwi H (2017), Laju Korosi Pipa Galvanis (Inlet Desalinasi) Pada Sea Chest Kapal Terhadap Waktu Dan Salinitas Air Laut.
Brian Pailes (2022) Corrosion Mitigation and Prevention of Port Infrastructure,ASCE Library.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).