PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MARITIM SESUAI STANDAR IMO MODEL COURSE 7.04

Authors

  • Encis Indah Suryaningsih Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Aprillina Aprillina Universitas Maritim AMNI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33556/jstm.v26i1.458

Abstract

IMO Model Course 7.04 menetapkan standar minimum kompetensi untuk perwira pelayaran yang bertugas di kamar mesin agar aman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar kimia pelayaran sesuai dengan standar IMO Model Course 7.04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental menggunakan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap 2024/2025 dengan teknik purposive sampling yang memungkinkan peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen unggul di semua aspek pembelajaran kimia maritim. Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek "Korosi dan Proteksi Logam" dengan selisih 14,37 poin, yang mengindikasikan bahwa visualisasi AR sangat efektif untuk memahami proses korosi yang sulit diamati secara langsung. Respon siswa yang sangat positif terhadap penerapan media pembelajaran AR (rata-rata 4,25 dari Skala 5) menunjukkan bahwa teknologi ini tidak hanya efektif secara akademis tetapi juga diterima dengan baik dari aspek pengalaman pengguna dan motivasi belajar. Disimpulkan penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kimia pelayaran.

Downloads

Published

2025-09-08

Issue

Section

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM