PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MARITIM SESUAI STANDAR IMO MODEL COURSE 7.04
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v26i1.458Abstract
IMO Model Course 7.04 menetapkan standar minimum kompetensi untuk perwira pelayaran yang bertugas di kamar mesin agar aman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar kimia pelayaran sesuai dengan standar IMO Model Course 7.04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental menggunakan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap 2024/2025 dengan teknik purposive sampling yang memungkinkan peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen unggul di semua aspek pembelajaran kimia maritim. Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek "Korosi dan Proteksi Logam" dengan selisih 14,37 poin, yang mengindikasikan bahwa visualisasi AR sangat efektif untuk memahami proses korosi yang sulit diamati secara langsung. Respon siswa yang sangat positif terhadap penerapan media pembelajaran AR (rata-rata 4,25 dari Skala 5) menunjukkan bahwa teknologi ini tidak hanya efektif secara akademis tetapi juga diterima dengan baik dari aspek pengalaman pengguna dan motivasi belajar. Disimpulkan penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kimia pelayaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).