ANALISIS TEKNIS EKONOMIS JENIS KERETAKAN DAN PERBAIKANNYA PADA POROS PROPELLER KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE NDT (NON DESTRUCTIVE TESTING) PADA KAPAL TB.GROGOL 02
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v25i2.463Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya stigma cacat pada poros propeller kapal yang memiliki beberapa cara untuk diaplikasikan menggunakan uji NDT (Non- Destructive Testing) dengan liquid penetrant test. Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengambilan data dengan survey maupun wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Liquid Penetrant Test (dye penetrant) adalah metode paling sederhana yang memiliki keunggulan berupa kecepatan serta keakuratan pada mendeteksi defect yang ada di permukaan poros propeller yang rusak, supaya dapat diganti dengan yang baru, namun harus tetap memperhatikan biaya ekonomi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemilik kapal. Kondisi tersebut berkaitan dengan waktu dan biaya poros propeller yang rusak supaya dapat diganti atau diperbaiki. Dari segi sisi ekonomi perbaikan tersebut dapat diditindak lanjuti sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kemampuan perusahaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa analisis teknik ekonomi dan penerapan Metode NDT (Non- Destructive Testing) dapat berkontribusi dalam meningkatkan kehandalan dan efisiensi operasional kapal, sambil tetap mempertimbangkan aspek biaya dan keandalan teknik. Penelitian ini dibutuhkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan praktik terkait dengan analisis teknik ekonomi serta perbaikan keretakan pada poros propeller kapal menggunakan metode NDT(Non- Destructive Testing).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





