ANALISIS PROGRAM KERJA, PELAYANAN & FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA BONGKAR MUAT KONTAINER
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v0i0.7Abstract
Keberhasilan dari suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa adalah apabila jasa yang ditawarkan perusahaan dapat diterima oleh konsumen . (dalam penelitian ini perusahaan dalam bidang jasa transportasi laut). Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, dalam rangka menjaga kelangsungan hidup operasional perusahaan agar dapat berkembang dan memperoleh laba, maka Service atau pelayanan dapat dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkan volume atau pengguna jasa. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah perusahaan pengguna jasa bongkar muat pada Kantor KSOP Kelas I Semarang. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 50 responden yang merupakan pengguna jasa bongkar muat pada Kantor KSOP Kelas I Semarang. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan :
Y = 0,25 + 0,963 X1 + 1,010 X2 + 0,978 X3 + m
Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara program kerja terhadap kepuasan pelanggan (t hitung = 5,099 > t tabel = 1,679), pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (t hitung = 35,782 > t tabel = 1,679) dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan (t hitung = 5,271 > t tabel = 1,679). Pengaruh ketiga variabel independen penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi R = 0,786, dan 21,4% dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi pada penelitian ini.
Kata Kunci : Program kerja, Pelayanan, Fasilitas baik, Kepuasan pelanggan meningkat.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).