ANALISIS IDIOLOGI PANCASILA TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KAPAL PENUMPANG FERRI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33556/jstm.v0i0.8Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai mengenai pengamalan nilai-nilai Idiologi Pancasila terhadap kualitas pelayanan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi persepsi penumpang serta harapan pelanggan dalam memilih jasa pelayanan. Dalam proses pelayanan pada kapal Ferri Indonesia harus bisa menjadi penggerak dalam usaha melayani pelanggan. Bentuk pelayanan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dalam hal penguatan ideologi, dimana ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Pancasila ini menjadi pedoman dan falsafah bangsa dalam segala kehidupan, sehingga dibutuhkan adanya pemahaman makna Pancasila oleh semua lapisan. Ideologi adalah pandangan hidup atau filsafat yang berintikan serangkaian nilai (norma) atau sistem nilai dasar yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang harus dimiliki oleh pegawai kapal ferri dan dijadikan acuan atau sebagai wawasan dan pandangan hidup mereka.
Megutamakan kualitas pelayanan yang baik secara realitas dan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seorang pegawai atau pelayan kapal Ferri Indonesia diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan dilaksanakan secara professional agar dalam menjalankan tugasnya bisa diakui dan diterima oleh masyarakat sekitar serta dia bisa hidup dari profesinya tersebut. Pusat pelayanan merupakan suatu mata rantai yang penting antara perusahaan kapal Ferri dengan pelanggan. Tujuan akhir dari seluruh penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan oleh pegawai, kapal Ferri Indonesia adalah untuk memberikan sebuah pelayanan yang dibutuhkan oleh pengguna jasa angkutan kapal laut. Sedangkan tingkat kesesuaiyan antara persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa pada kapal ferri Indonesia, yang rendah perlu adanya peningkatan, perbaikan antara lain better yang berkaitan dengan mutu pelayanan yang berkualitas.
Kata kunci: Pengamalan nili-nilai Idiologi Pancasila dan Kualitas Pelayanan,(persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa).
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).